Breaking
Rab. Jul 17th, 2024
Manfaat Angkak untuk Kesehatan yang Perlu Kamu KetahuiSumber: okezone.com

Halo pembaca setia! Apakah kamu pernah mendengar tentang angkak? Angkak, atau yang dikenal juga dengan nama red yeast rice, adalah bahan alami yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Ternyata, angkak memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa yang dilansir dari pafikotafef.org. Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Mengontrol Kadar Kolesterol

Salah satu manfaat angkak yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam mengontrol kadar kolesterol. Angkak mengandung senyawa monacolin K, yang bekerja mirip dengan lovastatin, obat penurun kolesterol. Dengan mengonsumsi angkak secara teratur, kamu bisa menjaga kadar kolesterol jahat (LDL) tetap rendah dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain mengontrol kolesterol, angkak juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Dengan menjaga keseimbangan kolesterol, angkak membantu mencegah penumpukan plak di arteri yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, angkak juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan di pembuluh darah.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lain dari angkak adalah kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi angkak dapat membantu relaksasi pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah dapat terkendali. Hal ini tentunya baik untuk mencegah hipertensi dan komplikasi yang terkait.

Mendukung Kesehatan Metabolisme

Angkak juga bermanfaat untuk mendukung kesehatan metabolisme tubuh. Kandungan alami dalam angkak dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 atau mereka yang berisiko mengalaminya.

Memiliki Sifat Antioksidan

Angkak kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penuaan dini. Dengan mengonsumsi angkak, kamu bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Konsumsi angkak secara teratur juga dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Angkak membantu meningkatkan produksi enzim pencernaan yang dapat memecah makanan dengan lebih efisien. Ini akan membuat tubuh lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Menjaga Berat Badan Ideal

Bagi kamu yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan, angkak bisa menjadi teman yang baik. Angkak membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang terbakar lebih banyak. Selain itu, angkak juga dapat mengurangi nafsu makan berlebih, membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Angkak juga dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi dan senyawa aktif dalam angkak dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Dengan sistem kekebalan yang kuat, tubuh akan lebih tahan terhadap berbagai penyakit dan kamu akan merasa lebih sehat secara keseluruhan.

Meningkatkan Energi dan Stamina

Jika kamu sering merasa lelah dan kurang berenergi, angkak bisa menjadi solusi alami. Angkak membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga kamu akan merasa lebih bertenaga dan stamina pun meningkat. Ini sangat berguna terutama bagi kamu yang aktif berolahraga atau memiliki aktivitas padat setiap hari.

Mendukung Kesehatan Tulang

Terakhir, angkak juga dapat mendukung kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan magnesium dalam angkak sangat bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Mengonsumsi angkak secara teratur dapat membantu menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat angkak untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Dari mengontrol kadar kolesterol hingga mendukung kesehatan tulang, angkak memiliki berbagai manfaat yang luar biasa. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi angkak sebagai bagian dari pola makan sehatmu. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

By admin 2

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *